Nol = Kosong ?

Sudah agak lama saya terganggu dengan penyebutan "kosong" untuk menggantikan angka nol. "Kosong delapan kosong sembilan …" begitu bunyi iklan T*lk*mn*t I*****t. Kalo ada kuis, presenternya bilang: "Ayo silakan telpon ke kosong dua satu …".

Apakah itu benar??? Saya udah nyoba ubek-ubek Wikipedia, tapi nampaknya informasi mengenai hal itu belum ada. Saya cuma mencoba mengingat-ingat pelajaran matematika SD dulu. Ada bilangan asli, bilangan cacah, bilangan bulat, dan bilangan kosong. Nah, yang disebut terakhir ini betul-betul sesuatu yang kosong, bahkan angka 0 pun tidak ada di dalamnya.

Dalam Bahasa Inggris, nol = zero dan kosong = nil/null/empty (CMIIW). Di dunia komputer, 0 dan kosong (NULL) juga berbeda. Jadi kelihatannya ini adalah salah satu kesalahkaprahan yang cukup parah dalam Bahasa Indonesia, seperti halnya posting saya sebelumnya, mengapa C dibaca K.

Saya sendiri mencoba membiasakan diri untuk membaca 0 dengan nol, bukan kosong, terutama saat menyebutkan nomor telpon/HP. "Anda bisa menghubungi saya di nol delapan satu tiga …".

BTW, setidaknya ada dua blog lain yang pernah menyinggung hal ini: belalang dan my-inspirational-life.

Comments

belalang said…
wah, ternyata kita 'se-iman' ya pak untuk urusan nol dan kosong. saya juga selalu membiasakan bilang nol untuk menyebutkan no hp saya ke teman. paling tidak untuk tidak menambah kesalahkaprahan :-)

salam kenal pak.
Salam kenal juga :D
acmal said…
brarti itu iklan mesti di-stop utk menghentikan ke-salahkaprah-an :D
Knapa iklannya hrus distop?, itu iklan mungkin diboat kayak gtuch ingin ngasih tauw bhwa bnyak warga negara kita yg belum pd pintar ngeja, malomlah dari sisi pendidikan negara kita termasuk negara terbelakang, dan termasuk kategori negara underdevelopment country,klo dibahasa slengean artinya negara miskin ataow kata org malaysia bilang warga negara kita termasuk golongan indon/org2 bodoh, jdi yg harus diperbaiki yah diri kita untuk trust blajar and bljar biar pd pintar gtuchhhh, minimal pintar ngeja dan pintar ngebedain antara 0 dan kosong. Fr:http://hrdknowledgewebblog.blogspot.com

Popular Posts