Wednesday, May 23, 2007

Cek BPKB dan STNK

Sudah menjadi rahasia umum bahwa mobil dengan plat nomor B banyak yang diperlengkapi dengan dokumen aspal (aseli tapi palsoe).
Untungnya, Polda Metro Jaya menyediakan layanan untuk memeriksa keaslian dokumen melalui SMS.
Caranya: ketik metro nopol dan kirim ke 1717. Contoh: metro b1234abc.
Balasan yang diberikan kurang lebih sebagai berikut:
NOPOL:B1234ABC
JENIS:SEDAN
MEREK:T.NEW CAMRY3.5Q AT
WARNA:SILVER
TAHUN:2007
SAH-YAD:01-01-2008
STNK-YAD:01-01-2012

Setidaknya dengan layanan tersebut, Anda bisa mencocokkan kondisi mobil Anda atau mungkin mobil yang akan dibeli.
Layanan tersebut hanya berlaku untuk Wilayah Hukum Polda Metro Jaya, tapi bisa diakses dari luar Jakarta.
FYI, saya mengirim SMS tersebut dari Yogya dan berhasil.

3 comments:

Willy Sudiarto Raharjo said...

kapan polda jogja punya ya?
kayaknya masih harus dateng ke samsat dech :D

Ir. Yahya Kurniawan said...

Gimana kalo Willy yang bikin aplikasinya? :D

andrie said...

gak jamin gan. kalo buat ngecek kendaraan tsb terdaftar di POLDA mungkin bisa. tapi kalo buat ngecek STNK ama BPKB nya asli apa nggak...ya gak jamin mending ke POLDA langsung biayanya juga gak seberapa tapi tidur nyenyak.
karna yg di balesan sms gak keluar kan mobil tsb atas nama siapa, no mesin, no rangka.

contoh: misalkan ada mobil avanza bodong warna silver thn 2004. trus pelaku bikin plat nomor sama seperti avanza yang dia liat dijalan, misalnya gini, dia lihat avanza 2004 silver lewat, platnya B1234BB trus di pesen di tukang plat nomor dan dia pasang di mobil bodongnya itu,begitu pula STNK dan BPKB dia bikin sesuai plat no tsb, lalu ada yg mo beli mobil bodong itu dan dia cuma ngandelin sms 1717, dikirim lah sms tersebut dengan mengirimkan plat nomor yg dibikin pelaku tadi, dan balasanya misalanya b1234bb warna: silver, jenis: minibus, STNK berlaku 15 november2010.
memang betul dibalas dan terdaftar tapi bukan datanya mobil tsb melainkan data mobil avanza lain yg platnya dijiplak pelaku tadi.
nah kalo begitu gimana gan? kan gak ada jawaban tentang no mesin, no rangka, nama pemilik hehe

kesimpulanya: boleh juga sih gan cek via sms. tapi itu sebagai langkah awal aja. tapi alangkah lebih baik lagi kalo cek langsung ke samsat apalagi buat kepentingan jual beli.