Konversi CD Instalasi FC ke DVD

Fedora Core terkenal sebagai distro “gemuk”, bagaimana tidak, CD instalasinya saja ada 5. Agak repot juga kalau mau dibawa-bawa atau disalin untuk dibagikan ke teman. Untunglah sekarang tersedia versi DVD nya.
Bagi yang sudah terlanjur punya versi CD nya, tidak perlu beli lagi yang vesi DVD, karena CD instalasi tersebut bisa dikonversi ke DVD.
Berikut ini adalah langkah-langkah konversi media CD instalasi ke DVD untuk distro Fedora Core.

1. Buatlah sebuah direktori baru untuk menampung file-file CD instalasi, misalnya /tmp/fc5dvd.

2. Salin seluruh isi CD instalasi pertama ke dalam direktori /tmp/fc5dvd/. Perhatian secara khusus perlu diberikan terhadap file bernama .discinfo karena file tersebut memiliki atribut hidden sehingga kemungkinan besar akan tertinggal dalam proses penyalinan. Jangan sampai hal tersebut terjadi. Dalam proses penyalinan tersebut, jangan sampai mengubah struktur direktori CD. Jadi disalin apa adanya saja.

3. Gantilah nama file TRANS.TBL yang ada pada direktori /tmp/fc5dvd/Fedora/RPMS menjadi TRANS.TBL.1.

4. Untuk CD kedua hingga kelima, cukup salin file-file yang terdapat pada direktori /Fedora/RPMS/ saja. Jadi nantinya file-file tersebut akan tersalin ke direktori /tmp/fc5dvd/Fedora/RPMS/. Setiap kali selesai menyalin isi suatu CD, gantilah nama file (rename) TRANS.TBL yang ada di direktori /tmp/fc5dvd/Fedora/RPMS/ menjadi TRANS.TBL.2, TRANS.TBL.3, dan seterusnya sesuai dengan nomor urut Cdnya.

5. Sunting file .discinfo yang terdapat pada direktori /tmp/fc5dvd/ dengan mengganti baris keempat yang mula-mula tertulis angka 1 menjadi 1,2,3,4,5 (sesuai dengan jumlah CD instalasinya). Isi file .discinfo hasil penyuntingan adalah sebagai berikut:

1142397575.182477
Fedora Core
i386
1,2,3,4,5
Fedora/base
Fedora/RPMS
Fedora/pixmaps

6. Pada direktori /tmp/fc5dvd/Fedora/RPMS buatlah sebuah file teks bernama TRANS.TBL. Salin isi file TRANS.TBL.1 hingga TRANS.TBL.5 secara berurutan ke dalam file TRANS.TBL tersebut. Setelah itu file TRANS.TBL.1 hingga TRANS.TBL.5 dapat dihapus sehingga hanya menyisakan file TRANS.TBL saja.

7. Langkah terakhir adalah pembuatan file ISO dari file-file yang terdapat pada direktori /tmp/fc5dvd tersebut. Pembuatan ISO dilakukan dengan menjalankan perintah mkisofs sebagai berikut:

# mkisofs -v -V FC5DVD -iso-level 4 -r -J -allow-leading-dots
-publisher "Fedora" -b "isolinux/isolinux.bin" -c "isolinux/boot.cat"
-no-emul-boot -boot-load-size 4 -boot-info-table -graft-points
-o /tmp/FC5DVD.iso /tmp/fc5dvd/


Perintah tersebut harus dituliskan dalam satu rangkaian.

8. Hasil dari perintah yang dijalankan pada langkah no 7 adalah file bernama /tmp/FC5DVD.iso. File tersebut dapat dibakar ke media DVD dengan menggunakan piranti lunak pembakar CD/DVD, misalnya k3b.

Nah, semoga bermanfaat.

Comments

Maman said…
Salam kenal, Pak. Langsung aja ya, kalau saya punya modem external mau dipakai buat menjelajah internet di fc5 gimana ya? selama ini saya menjelajahnya di OS yang jauh lebih populer itu, dengan modem yang sama. Modemnya Prolink, interfacenya USB. Terima kasih, Pak!

Salam
e-mail saya
atau copy-paste yang ini: frozenman89@gmail.com
Anonymous said…
maaf mas kok sama banget sama
web ini yah
ardhian.wordpress.com/2006/05/30/linux-experiment-fedora-core-5-stable-and-cool-linux-distro/
??
mudah2an gak nyontek
??
ato malah satu orang yang sama yah
Wah, kalo lihat tanggalnya kayaknya saya sudah nulis duluan deh :)
Tapi memang cara untuk konversi CD ke DVD yang memang cuma satu itu, jadi kalau kebetulan ada dua orang atau lebih yang nulis, bukan berarti nyontek, khan?
boin said…
mas salam kenal nih..
mo nanya klo koversi dari dvd ke cd gimana yahh caranya.. soalnya tmen punya dlm bentuk dvd, tp saya gak punya dvd-ROM :( gimana yahh caranya :)
renaldy said…
salam kenal pak,
thanks for tuts nya..
kebetulan saya lagi coba bikin iso FC5 juga, hanya saja saya menggunakan WinXP.. dgn tujuan mencoba menjalankan FC5 di VMWare..

sempet agak kesulitan cara bikin iso-nya bisa bootable.. (saya pakai alcohol utk bikin virtual DVD-drive dan nge-mount iso-nya ke situ)

thanks infonya tentang cara pakai mkisofs, saya pakai versi windowsnya and it works... :)
Anonymous said…
Salam kenal,pak yahya.
mau tanya,..gimana caranya mengubah file yg cuma bisa di baca comp utk di copy ke dvd?? soalny tmen saya ingin meminjam film yg saya download dr komp utk di buka di dvd player.
e-mail saya : saorikn@yahoo.com
terima kasih,..pak...

Salam,Saori
aunk said…
kalo distro lain? seperti Debian, atau FreeBSD, gimana pak Yahya?

Popular Posts