Masalah Add-Remove Sofware di FC5

Setelah menginstall FC5, banyak sekali yang mengeluhkan masalah Add-Remove software. Umumnya akan muncul peringatan "Unable to retrieve software information" dan seterusnya. Masalah tersebut disebabkan oleh penggunaan yum sebagai basis dari Pirut dan Pup. Pirut dan Pup adalah piranti pengatur Add-Remove software di FC5.
Apakah yum-nya error? Tentu tidak, tapi daftar repository yang harus dituju oleh yum mengarah ke server-server yang ada di internet. Dengan demikian Anda harus memiliki koneksi ke internet untuk dapat menggunakan Pirut atau Pup.
Lantas bagaimana jika hanya hendak melakukan Add-Remove software yang berasal dari CD/DVD instalasi FC5? Mudah saja, buka CLI (Command Line Interface) dan pakai perintah rpm. Hehehe, jangan mencak-mencak dulu dong. Masih ada cara lain yang bisa digunakan, yaitu membuat repository lokal.
Buka file /etc/yum.repos.d/fedora-core.repo dan tambahkan entry berikut ini:

[local]
name=Fedora Core Local
baseurl=file:///media/cdrom
enabled=1
gpgcheck=1
gpgkey=file:///etc/pki/rpm-gpg/RPM-GPG-KEY-fedora file:///etc/pki/rpm-gpg/RPM-GPG-KEY

Sesuaikan letak /media/cdrom dengan lokasi mount cdrom Anda. Setelah itu pada entri-entri yang lain, ubah nilai enabled=1 menjadi enabled=0. Buka juga seluruh file /etc/yum.repos.d/*.repo dan ubah semua enabled=1 menjadi enabled=0.
Nah, masukkan CD/DVD instalasi Anda dan sekarang Pirut bisa digunakan. Kalau menggunakan CD agak repot, karena jumlahnya 5. Jadi mesti memasukkan CD yang tepat untuk mencari software tertentu.
Sebagai alternatif penggunaan Pirut dan Pup, Anda dapat menggunakan Yumex (https://sourceforge.net/projects/yumex/).

Semoga bermanfaat.

Comments

klunxer said…
yumes is the best Mas :D
zakiakhmad said…
Terimakasih atas tulisannya Mas. Saya dapat link dari milis tanya-jawab@linux.or.id

Di komputer saya, baru berhasil setelah mengubah baseurl menjadi
baseurl=file:///media/disk
sandynata said…
thx, akhirnya nemu juga caranya, pantesan gw kira ni bug nya FC5 tnyata ... hehehe

good good
[Sandy] said…
barusan saya coba, kok g bisa ya.. tetep aja error?.. what happen? apa perlu reboot?
to [sandy]: apakah Anda sudah membuka semua file /etc/yum.repos.d/*.repo dan mengubah semua nilai enabled menjadi 0?
[Sandy] said…
sudah boss! tetep aja gk bisa.. ng.. apa tu cd kudu masuk dulu di cdrom tiap kali kita akses add/remove nya?

saya lagi mo coba cara laen
kayak yang ini
[Sandy] said…
whuahahahaha... udah bisa udah bisa... anjizz.. salah ketik saya, harusna "baseurl" saya ketik "basurl" pantesan!!!.. tengkyu tengkyu!
Anonymous said…
tQ Ummm ...

padahal udeh puyeng dah muter-muterin globe-nya gugelll ampe pegel abissss .... akhirnya globenya ngerem mendadak di kiwed "URL must be http, ftp, file or https not yum" nongkrong di paling atas tuh :D

thanks again, padahal aku pake fc6 nih, ternyata triknya sama.
Anonymous said…
gmana klo di FC6 mas, saya dah coba smua caranya tetp aja muncul "Cannot open/read repomd.xml file for repository: local" untuk informasi saya pake 2 cdrom
Mungkin pathnya salah atau di path tersebut tidak ada direktori repodata
Anonymous said…
memang ngga ada mas, itu sih cd installnya saya, trus bagaimana dunks?

thanx u..:)
coba isi CD nya dicopy ke harddisk, lalu dari dalam direktori berisi isi CD tersebut jalankan perintah createrepo.
Informasi selengkapnya lihat man createrepo.
BTW, kalau masih ada pertanyaan kirim ke email saja, di y4hy4@ygy.centrin.net.id
inu said…
Bingung Abiz!!
yang di penjelasan
=== Buka juga seluruh file /etc/yum.repos.d/*.repo dan ubah semua enabled=1 menjadi enabled=0.===
bisa nggak jelasin aja Semuanya gpl cepeeeeeeet

be The Best With Linux
Gak usah bingung mas, di folder /etc/yum.repos.d/ ada banyak file yang namanya berakhiran *.repo, misalnya fedora-core.repo. File tersebut berupa text only, jadi bisa dibuka dengan text editor favorit Anda. Di dalam file-file tsb ada entri bertuliskan enabled=1, nah ganti saja teks enabled=1 tsb jadi enabled=0, beres deh :)
David said…
allow mas yahya..terima kasih buanyak atas infonya, saya dah coba dan ada yg mo saya tanyakan : baseurl dah saya ganti => ///media/disk trus saya coba gak ada masalah(semua packet tampil), apakah dibagian available memang tampilannya kosong(saya mo lihat packet2 apa saja yg blum terinstal(defaultnya) trus yg ke2: saya ubah baseurl nya jd ///media/cdrom kok sama saja(gak error atau minta cdnya)padahal saya gak masukin cd.. thanx a lot (newbie nich)
Anda masuk ke bagian apa? Update atau Install? Kalau di bagian Update kosong, berarti memang tidak ada yang perlu diupdate kali :D
Kalau ///media/cdrom tidak error, berarti memang belum diaktifkan. Kalau diaktifkan, pasti akan muncul peringatan not found atau semacamnya.
Anonymous said…
saya masuk ke add/remove software, karena saya mo lihat paket2 yg tersedia yg blm saya install (mo tahu paket2 yg saya butuhkan) termasuk mo tahu apakah semua paket dlm cd sdh terinstall atau blm..kalo aktifin media / cdrom nya gimana yach ??
wah tenkyu banget mas yahya..
atas responnya..

Popular Posts