Review Singkat FC 5

Fedora Core 5 lagi-lagi membuktikan sebagai distro yang mampu menyeimbangkan antara keindahan dekstop dan ketangguhan server. Dengan menggunakan GNOME 2.14 dan KDE 3.5.1, lingkungan desktop FC 5 benar-benar "indah di mata". Apalagi dilengkapi dengan themes baru yaitu Fedora Bubbles serta berbagai gambar background dan screen saver baru yang cantik.
Untuk urusan server, FC5 dilengkapi dengan paket-paket yang telah terbukti ketangguhannya seperti apache, BIND, samba, mysql, dan lain-lain. Yang bikin makin keren, FC5 dilengkapi dengan Mono, Beagle, serta enhanced Xen dan SELinux. Wow!
Namun seperti versi-versi sebelumnya, kelemahan (kalau boleh dibilang demikian) FC5 adalah pada kemampuan multimedianya, karena tidak diperlengkapi dengan dukungan terhadap mp3, flash, dan codec tertentu. Masih ditambah dengan tidak diperlengkapi dengan dukungan terhadap NTFS. Yah, masih harus nambah sendiri. Berarti masih harus ada langkah post installation after installation.
Namun yang paling bikin saya senang, suara berdengung (seperti feedback) jika menggunakan Creative Vibra yang ada sejak RedHat 8, hilang!
Silakan deh coba sendiri FC5, jangan salahkan saya lho kalau Anda meninggalkan distro lama Anda dan berpaling ke FC5 :)

4 comments

Willy Sudiarto Raharjo said...

wah kayaknya kalo sampe pindah dari Slackware ke FC5 gak mungkin dech hahahahahaa
ke Mandriva lagi aja udah susahnya setengah mati hahahahahaa

Lz said...

Copy dong..
kapan2 dibawa..
:)

Anonymous said...

saya masih pake Fedora, sembari migrasi ke FreeBSD... disamping windows, tentunya! hehehe...

mau set mp3? kalo pake xmms, instal dulu xmms nya (versi .rpm aja biar gampang), trus cari xmms-mp3 (versi .rpm juga tentunya), dan instal. beres! kalo mau wma sekalian, cari paket xmms-wma

Anonymous said...

Yang ngga nahan beratnya klo dipake di kompie celeron ram cmn 128 dishare pula sama vga. Ampuun..... padahal udah pake gnome swap dah 500MB

Powered by Blogger.